Mengapa pendidikan karakter penting ?

Pertama yang harus kita ketahui adalah bahwa Pendidikan pada dasarnya memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar, dan membantu manusia untuk menjadi baik. Menjadikan manusia cerdas dan pintar bisa jadi mudah untuk melakukannya, tetapi membuat manusia menjadi baik tampaknya lebih sulit bahkan sangat sulit.

Maka wajar jika dikatakan problem moral merupakan persoalan akut dan kronis yang mengiringi kehidupan manusia sampai kapanpun.

Kenyataan tentang akut dan kronisnya problem moral inilah yang kemudian menempatkan pentingnya penyelenggaraan pendidikan karakter. Begitupun dengan menurunnya kualitas moral dalam kehidupan manusia Indonesia dewasa ini, terutama di kalangan siswa, menuntut diselenggarakannya pendidikan karakter. Sekolah dituntut untuk memainkan peran dan tanggungjawabnya untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang baik dan membantu para siswa membentuk dan membangun mereka dengan nilai-nilai yang baik.

Pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu seperti rasa hormat, tanggungjawab, jujur, peduli dan adil, dan membantu siswa untuk memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sendiri.

Apa sih pendidikan karakter itu ?

Kata character berasal dari bahasa Yunani charassein, yang berarti to engrave (melukis, menggambar), seperti orang yang melukis kertas atau memahat batu. Berakar dari pengertian yang seperti itu, character kemudian diartikan sebagai tanda atau ciri yang khusus, dan karenanya melahirkan sutu pandangan bahwa karakter adalah pola perilaku yang bersifat individual.

Setelah melewati tahap anak-anak, seseorang memiliki karakter, cara yang dapat diramalkan bahwa karakter seseorang berkaitan dengan perilaku yang ada di sekitar dirinya (Kevin Ryan, 1999: 5).

Williams & Schnaps (1999) mendefinisikan pendidikan karakter sebagai :

“any deliberate approach by which school personnel, often in conjunction with parents and community members, help children and youth become caring, principled and responsible”.

Maknanya adalah bahwa pengertian pendidikan karakter yaitu merupakan berbagai usaha yang dilakukan oleh para personil sekolah, bahkan yang dilakukan bersama-sama dengan orang tua dan anggota masyarakat, untuk membantu anak-anak dan pemuda agar memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab.

Secara garis besar, menurut Lickona, ada Tujuh Alasan Perlunya Pendidikan Karakter

  1. Merupakan cara terbaik untuk menjamin anak-anak (siswa) memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya;
  2. Merupakan cara untuk meningkatkan prestasi akademik;
  3. Sebagian siswa tidak dapat membentuk karakter yang kuat bagi dirinya di tempat lain;
  4. Mempersiapkan siswa untuk menghormati pihak atau orang lain dan dapat hidup dalam masyarakat yang beragam;
  5. Berangkat dari akar masalah yang berkaitan dengan problem moral-sosial, seperti ketidaksopanan, ketidakjujuran, kekerasan, pelanggaran kegiatan seksual, dan etos kerja (belajar) yang rendah;
  6. Merupakan persiapan terbaik untuk menyongsong perilaku di tempat kerja; dan
  7. Mengajarkan nilai-nilai budaya merupakan bagian dari kerja peradaban.

Demikianlah pentingnya Pendidikan Karakter diberikan di sekolah karena ini adalah cara terbaik untuk menjamin para siswa memiliki kepribadian ya ng baik di dalam berbagai aspek kehidupannya.

Mengingat pentingnya Pendidikan Karakter bagi pembentukan karakter bangsa, maka ESQ yang sudah berpengalaman selama 17 tahun menyelenggarakan traning-training pembentukan karakter di seluruh Nusantara mendirikan ESQ Business School, sekolah bisnis berbasis pada pendidikan karakter.

Pembentukan karakter mahasiswa di ESQ Business School disampaikan dalam berbagai proses. Mulai dari metode pengajaran berbasis SKI (Spiritual, Kreativitas dan Intelektual), mata kuliah karakter di setiap semester, internalisasi 5 values (integrity, passion, creativity, humility dan profesionalism) sebelum kuliah, membaca asmaul husna serta proses perkuliahan lainnya baik di dalam maupun di luar kelas.

Dengan fokus pembentukan karakter di setiap proses perkuliahan, lulusan ESQ Business School diharapkan menjadi wirausaha dan profesional yang berperan sebagai agen perubahan dimana pun mereka berada.